Air Terjun Madakaripura Tempat Wisata di Probolinggo Yang Terkenal

Air Terjun Madakaripura | Pernah mendengar tempat wisata di Probolinggo yang satu ini ?. ya air terjun Madakaripura. Objek wisata ini merupakan sebuah objek wisata air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan merupakan air terjun tertinggi ke dua di Indonesia setelah air terjun si Gura - Gura di Sumatera Utara. Air terjun ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dengan ketinggian mencapai 200 m. Air terjun Madakaripura juga disebut dengan air terjun abadi, hal ini dikarenakan aliran air yang tidak pernah mati bahkan pada saat musim kemarau panjang.

Lokasi objek wisata air terjun Madakaripura sendiri berada di desa Negororejo, Kec. Lumbang, Kabupaten Probolinggo - Jawa Timur dan akses untuk ke tempat wisata di Probolinggo ini sangatlah mudah untuk di jangkau, baik dengan menggunakan motor atau kendaraan pribadi, selain itu Anda juga bisa mengunjunginya dengan memanfaatkan fasilitas transportasi umum. Selain lokasinya yang sangat mudah dijangkau, sepanjang perjalanan menuju objek wisata air terjun Madakaripura juga menyuguhkan pemandangan yang sangat memukau seperti hamparan lahan warga sekitar dan juga tebing - tebing yang menjulang tinggi disekitar kawasan wisata.

Tempat wisata di Probolinggo biasanya juga dikunjungi oleh wisatawan yang akan mengunjungi Gunung Bromo, hal ini dikarenakan lokasinya yang berada di jalur perjalanan menuju ke kawasan Bromo. Akan tetapi hal yang perlu Anda perhatikan dalam mengunjungi objek wisata ini adalah jam kunjungan jangan melebihi jam 14.00 WIB. Hal ini dikarenakan cuaca di lokasi wisata air terjun ini yang lembab dan sering terjadi hujan sehingga mempengaruhi debit air disini yang bisa menjebak Anda pada waktu berkunjung kesini.

Legenda di Air Terjun Madakaripura

Menurut legenda yang beredar di kalangan masyarakat sekitar, Madakaripura dahulunya merupakan sebidang tanah yang di miliki oleh Gajah Mada, tanah tersebut merupakan hadiah dari Raja Hayam Wuruk ( Raja Majapahit ) yang dijadikan sebagai tempat untuk melewati masa terakhir Maha Patih Gajah Mada ( Muksa ). Hal ini dia lakukan karena merasa gagal dalam mempersatukan Nusantara.

Rute Perjalanan Ke Kawasan Air Terjun Madakaripura

Mengunjungi tempat wisata di Probolinggo yang satu ini tergolong sangat mudah baik menggunakan kendaraan umum maupun menggunakan kendaraan pribadi. Apabila Anda berasal dari luar kota Anda bisa transit terlebih dahulu di Surabaya, kemudian melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Probolinggo dengan rute perjalanan melewati Sidoarjo - Porong - Pasuruan - Probolinggo dengan waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan. Setelah Anda sampai dipertigaan Kecamatan Tongas - Kabupaten Probolinggo, Anda bisa mengambil arah ke kanan, dan melanjutkan perjalanan menuju ke Kecamatan Lumbang. Setelah sampai di Kecamatan Lumbang Anda akan menemukan pertigaan lagi, Anda bisa mengambil arah ke kiri untuk sampai ke kawasan objek wisata Air Terjun Madakaripura. Apabila Anda lurus Anda akan menuju ke kawasan wisata Gunung Bromo.

Setelah sampai di pintu masuk wisata air terjun Madakaripura, perjalanan Anda masih dilanjutkan dengan berjalan kali dengan waktu perjalanan kurang lebih sekitar 20 menit, dan yang perlu Anda ingat disini adalah jangan membawa beban terlalu berat, agar Anda tidak cepat lelah. Medan disini adalah jalan setapak yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki.

Baca Juga :

Kegiatan Yang Bisa di Lakukan di Air Terjun Madakaripura

Banyak dari wisatawan yang berkunjung kesini sekedar untuk menikmati panorama alam yang sangat mempesona, dengan dikelilingi dinding - dinding yang berupa tebing menjadikan tempat wisata di Probolinggo yang satu ini menarik dan dapat menghilangkan stress karena rutinitas dan gemeriuhnya kota. Lokasi yang cukup alami menjadikan Air Terjun Madakaripura menjadi lokasi yang sering digunakan untuk ajang berfoto ria, baik dengan sahabat maupun keluarga Anda.

Selama perjalanan dari pos masuk menuju ke lokasi tempat wisata di Probolinggo ini, Anda akan banyak di suguhi dengan pemandangan alam yang sangat mengesankan dan suara dari germicik air serta kicauan burung - burung yang masih liar akan membuat Anda serasa di alam bebas. Guyuran air terjun memberikan suasana yang sangat mengesankan sehingga Anda akan betah berlama - lama disini.

Oleh - Oleh Khas

Apabila Anda datang ke tempat wisata di Probolinggo ini Anda dapat membeli oleh - oleh yang banyak di jual di kawasan ini, oleh - oleh yang banyak dijual adalah Madu asli, di sekitar air terjun Madakaripura sendiri banyak sekali masyarakat yang membudidaya lebah madu dan biasanya hasil madunya dijual disekitar kawasan wisata Madakaripura. selain madu ada beberapa souvenir khas Madakaripura berupa kaos, gantungan kunci dan lain sebagainya, sehingga bisa menjadi barang - barang kenangan setelah Anda berkunjung ke kawasan wisata air terjun Madakaripura.

Tips Berwisata Ke Air Terjun Madakaripura

Untuk mengujungi tempat wisata di Probolinggo ini alangkah baiknya Anda mempersiapkan beberapa hal dibawah ini, karena lokasi wisata yang mungkin belum Anda kenal sebelumnya. Adapun tips berwisata ke kawasan Air terjun Madakaripura adalah sebagai berukut :

1. Membawa Jas Hujan dan Kantung Plastik.

Selama perjalanan ke kawasan wisata air terjun Madakaripura Anda sebaiknya kantung plastik, karena di lokasi wisata Anda akan banyak berbasah - basahan dengan air. Apabila Anda tidak ingin berbasah - basahan Anda bisa memakai jas hujan sebelum ke lokasi wisata.

2. Pilih Waktu Yang Tepat

Tingginya curah hujan di kawasan wisata air terjun Madakaripura menjadikan aliran air menjadi sangat besar, dan alangkah baiknya Anda mengujunginya pada saat musim kemarau, dan waktu berkunjung jangan sampat melebihi pukul 14.00. Hal ini dilakukan agar tidak beresiko terjebak di lokasi wisata.

3. Memilih Pemandu Lokal

Apabila Anda berencana menggunakan pemandu lokal untuk berkunjung ke tempat wisata di Probolinggo ini alangkah baiknya melakukan penawaran harga, karena bisa menghemat pengeluaran Anda selama berkunjung ke wisata air terjun Madakaripura.

4. Jangan Membawa Barang Terlalu Banyak

Perjalanan dari pos masuk menuju ke lokasi air terjun membutuhkan waktu sekitar 20 menit dengan medan jalan setapak, jadi agar Anda tidak kecapekan selama berwisata ke kawasan objek wisata air terjun Madakaripura lebih baik, jangan membawa barang terlalu banyak.

Itulah ulasan mengenai wisata air terjun Madakaripura yang merupakan sebuah tempat wisata di Probolinggo yang menarik untuk dikunjungi.

Artikel Terkait