Objek Wisata Pulau Dewata Bali Tempat Wisata Indonesia Yang Mendunia

Pulau Bali | Siapa yang tidak mengenal Pulau Bali ?, saya yakin dari Anda semua sudah mengetahui Pulau Bali. Bahkan mungkin, sudah ada yang hafal mengenai tempat wisata di Pulau Bali. Walaupun ada yang belum pernah mengunjungi destinasi wisata indonesia yang satu ini. Kali ini Twisata akan mengajak anda untuk mengenal lebih jauh keindahan alam yang dapat di temui di Pulau Bali utamanya bagi Anda yang belum pernah kesini.

Pulau Bali, merupakan pulau yang berada di kawasan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan paling terkenal di hampir penjuru Dunia. Pulau ini menyimpan keindahan alam dan keunikan budaya yang masih melekat hingga saat ini. Selain itu keramah tamahan dari penduduknya juga menjadi ciri khas dari Pulau Bali, dan bisa membuat kita betah berlama - lama berwisata ke destinasi yang berjuluk Pulau Dewata ini. Budaya di Bali memang bisa dikatakan terlestarikan dari generasi ke generasi, bukan karena banyaknya wisatawan yang mengunjunginya, melainkan memang komitmen dari warga Bali yang akan terus mempertahankan kebudayaanya sehingga menjadi ciri khas dari Bali sendiri.

Sebagai tempat wisata yang paling terkenal di Indonesia, dan mempunyai resort yang dipadu dengan keindahan pantai yang mempesona, serta gemerlap kehidupan malamnya, menjadikan Pulau Bali sebagai tempat wisata terbaik Dunia ( World's Best Island ) versi Majalah Travel pada tahun 2009. Dan ditahun 2010 juga memperoleh penghargaan dengan peringkat ke dua Best of Travel 2010 versi Majalah Leasure. Julukan dari Bali sendiri bermacam - macam, ada yang mengenal Bali sebagai pulau Dewata, pulau surga dan ada pula yang menjulukinya sebagai pulau seribu pura. Pesona alam yang sangat luar biasa seperti hamparan sawah yang menghijau dan memberikan ketenangan dan rasa damai, gunung berapi yang menjulang dan tampak dekat dan besar, serta keindahan pantai dan hamparan pasirnya yang mengagumkan membuat kerinduan tersendiri menjelang meninggalkan Bali.

Selain itu Bali juga dikenal dengan karya seninya. Banyak sekali hasil karya seni yang dihasilkan dari tangan - tangan warga lokal yang tentunya sangat menarik dan unik . Biasanya karya - karya seni itu dipajang disebuah gallery seni yang banyak ditemukan di kawasan - kawasan tempat wisata di Pulau Bali. Selain karya seni Pulau Bali juga menyimpan kekayakan seni tari yang khas dan dramatis, serta upacara adat yang sangat beragam. Dunia kulinernya pun sangat beragam. Jadi apabila Anda berkunjung ke pulau yang satu ini, maka Anda akan menemukan berbagai macam hidangan mulai hidangan khas Bali, nusantara bahkan mancanegara semua ada di Bali. Sebagian Besar masyarakan Pulau Bali menganut keyakinan atau Agama Hindu, dan bisa dikatakan masyarakat Bali sanggat taat dalam berAgama. kebanyakan dari mereka mendidikasikan hidupnya dalam upacara adat, yang bertujuan untuk memelihara kedamaian dunia. Tidak heran kalau Pulau Bali banyak menyimpan keunikan yang menjadikan kejutan bagi kita yang belum mengenal Bali.

Objek wisata di Bali juga merupakan tempat berkumpulnya wisatawan yang berasal dari penjuru dunia, mulai dari mereka yang berniat datang untuk menikmati keindahan pegunungan, danau, sampai mereka yang datang dan berniat untuk menikmati keindahan pantai serta berselancar di ombak yang ada di Bali. Tidak hanya itu, banyak juga wisatawan yang datang ke Bali hanya untuk berbelanja dan menghabisakan waktu mereka disini.

Baca Juga :

Sejarah Pulau Bali

Menurut buku yang ditulis oleh I Ketut Wiana, beliau merupakan penulis buku agama hindu dan sekaligus penceramah, dan buku yang dihasilkan berjudul Mengapa Bali Disebut Bali?. Di dalam buku tersebut, I Ketut Wiana menjelasakan arti atau makna dari kata Bali sendiri, yaitu Bali merupakan wujud harapan para nenek moyang atau leluhur yang dahulu pertama kali menemukan pulau mungil ini.

Nama Bali sendiri sampai saat ini sulit sekali ditelusuri asal muasalnya. Akan tetapi, beberapa peneliti menemukan beberapa prasasti yang menyebutkan asal muasal nama Bali. Prasasti tersebut, diduga berasal pada jaman Raja Jayapangsu, dan diantaranya prasasti Buahan D ( 1103 Saka ). Dalam prasasti Buahan D tersebut ditemukan kata - kata atau kalimat yang berbunyi “…..pinaka pangupajiwaning jiwa jiwa wardhana ring Bali Dwipa”. Dimana kalimat tadi mempunyai arti kata sumber penghidupan demi pertumbuhan setiap penduduk di Pulau Bali.

Rute Perjalanan Dan Transportasi Yang Efektif Ke Pulau Bali

Menyusuri tempat wisata di Bali memang butuh kecermatan. Agar supaya, wisata Anda menjadi lebih hemat waktu dan tentunya hemat uang. Hal tersebut dikarenakan banyaknya destinasi wisata yang ada di Bali sedangkan waktu kita berlibur ke Bali sangatlah pendek. Kebanyakan dari wisatawan menghabiskan waktunya untuk mengunjungi wisata di Bali antara 4 - 7 hari, itupun tidak semua destinasi wisata bisa kita kunjungi. Dibawah ini twisata akan menjabarkan rute yang efektif bagi anda yang akan mengunjungi tempat wisata di Bali.

Untuk menuju ke Pulau Bali tidaklah sesulit kalau kita mengunjungi wisata Raja Ampat. Anda bisa melakukan perjalan menuju pulau Bali melewati jalur udara, darat dan juga Laut. Apabila Anda melakukan perjalanan ke Pulau Bali melewati jalur udara, Anda bisa langsung mendarat di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, dan apabila anda melewati jalur laut dan darat, Anda bisa melakukan penyeberangan melewati Pelabuhan Ketapang - Gilimanuk untuk yang wisatawan dari arah Barat, dan Pelabuhan Padang Bai untuk yang dari timur pulau Bali. dengan menggunakan kapal Fery

Sesampai di Pulau Bali anda dapat memilih penginapan di daerah pantai Kuta. Kenapa ?, karena disana banyak sekali pilihan tipe - tipe hotel, mulai dari harga yang murah, sampai yang paling mahal, disamping itu juga dikarenakan letaknya yang strategis dan berdekatan dengan banyak objek wisata di Bali.

Destinasi Atau Tempat Wisata di Pulau Dewata Bali

Destinasi atau tempat wisata di Pulau Bali sangat banyak sekali. Ada kurang lebih 50 tempat wisata yang ada disini diantarnya adalah sebagai berikut :.

Pan Pacific Nirwana Bali Resort Pura Luhur Uluwatu Ubud Monkey Forest
UBUD Pantai Amed Bali Bird Park
Bali Handara Golf & Country Club The Ritz Carlton Bali Thallasso & Spa Mandara Spa dari Bali
Four Seasons di Teluk Jimbaran Nirwana Bali Golf Club Pantai Lovina
Pantai Kuta Batur Eat - Pray - Love dan Mengasingkan Diri di Ubud
Pura Besakih Nusa Dua Tegalallang
Pura Ulun Danu Beratan di Dataran Tinggi Bedugul Tanah Lot Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana
Dreamland Pantai Sanur Tanjung Benoa
Kintamani Yeh Sanih Bali International Convention Center
Bali Nusa Dua Convention Center dan Hotel-Hotel di Nusa Dua Pantai Green Bowl (Bali Cliff) Taman Nasional Bali Barat
Toya Bungkah Penelokan Pulau Menjangan
Desa Pemuteran Pantai Nyang Nyang Pantai Suluban
Pantai Petitenget Waterbom Bali Pura Pulaki
Desa Kedisan Pantai Canggu Taman Nusa
Pantai Seminyak Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma di Gianyar Bali Pantai Pandawa
Krisna Oleh-Oleh Bali Taman Wisata Alam Buyan-Tamblingan Desa Les Buleleng
Singaraja Museum Puri Lukisan  
Itulah daftar tempat wisata di Pulau Bali yang dapat Anda kunjungi apabila berlibur ke Pulau Bali.

Oleh - Oleh dan Kuliner Khas Bali

Sama seperti destinasinya, oleh - oleh khas Bali juga sangat banyak sekali macamnya. Sehingga, menjadi magnet tersendiri yang tak pernah habis daya tariknya. Dibawah ini merupakan oleh - oleh khas Bali yang tidak boleh anda lewatkan ketika Anda berkunjung ke kawasan objek wisata di Bali

  1. Kacang Disco
  2. Pie Susu
  3. Pia Lenong
  4. Kerupuk Kulit Babi
  5. Kopi Kitamani
  6. Bali Home Spa
  7. Kerajinan Perak Celuk Bali
  8. Kerajinan Manik - Manik Bali
  9. Batik Bali
  10. Joger

Untuk kuliner Bali juga sangat kaya sekali dengan makanan khasnya, dan berikut ini adalah kuliner khas Bali yang sangat menggoda selera wisatawan yang berkunjung ke kawasan tempat wisata di Bali.

  1. Bebek Betutu
  2. Babi Guling
  3. Bubur Menguh
  4. Srombotan
  5. Nasi Jinggo
  6. Lawar
  7. Nasi Tepeng
  8. Sate Plecing
  9. Sate Lilit
  10. Tum Ayam
Bagaimana lengkap banget bukan ?. Anda bisa memilih menu kuliner yang ada di Bali, tentunya sesuai dengan selera Anda.

Tips Berkunjung Ke Pulau Bali

Kebanyakan orang yang yang berniat mengunjungi sebuah tempat wisata di Bali, tidak menginginkan liburan meraka menjadi menjengkelkan, booring atau membosankan. Tidak menutup kemungkinan Anda juga begitu, jadi usahakan sebelum Anda berwisata persiapkan sedini mungkin kebutuhan - kebutuhan selama Anda mengunjungi tempat wisata di Pulau Bali yang akan dituju. Berikut ini adalah beberapa tips berlibur ke Pulau Bali agar bisa menyenangkan.

1. Bawalah Kartu Tanda Pengenal ( KTP / SIM ).

Hal yang tidak boleh terlewatkan apabila Anda berwisata ke Pulau Bali adalah kartu tanda pengenal, bisa itu SIM atau KTP. Mengapa demikian ?. Karena kartu tersebut sangat diperlukan untuk registrasi hotel, syarat untuk menyewa peralatan wisata dan sebagainya. Disamping itu, kartu tanda pengenal ( KTP / SIM ) juga bisa menyelamatkan Anda apabila ada razia dari petugas yang biasanya dilakukan secara mendadak.

2. Simpanlah Barang Berharga Anda di Safe Security Box Hotel.

Apabila Anda mempunyai barang bawaan yang tergolong barang mewah sebaiknya, Anda simpan di tempat yang disediakan oleh pihak hotel. Hal ini untuk menghindari resiko kehilangan, yang diakibatkan pencurian dan kelalaian. Dengan melakukan hal tersebut akan memperkecil kejadian - kejadian yang tidak di inginkan.

3. Bawalah Uang Tunai.

Hal yang satu ini juga tidak boleh terlewatkan. Memang kelihatannya agak ribet, akan tetapi dengan membawa uang tunai, akan sangat membantu Anda terutama pada saat mengunjungi tempat wisata di Bali yang terpencil, dimana dalam kondisi tersebut sangat sulit menemukan Mesin ATM.

4. Hormati Rombongan Yang Melakukan Prosesi Keagaman.

Di Bali sendiri sering dilakukan upacara atau prosesi keagamaan, yang dilakukan secara rombangan dan berjalan dengan pelan. Apabila Anda membawa kendaraan, jangan membunyikan klakson kendaraan Anda. Selain itu, apabila Anda berniat mengambil Foto, jangan menggunakan Flash, dan  apabila anda mengunjungi tempat - tempat peribadatan dan menemui seorang pendeta, jaga posisi duduk anda dengan posisi lebih rendah dari posisi duduk pendeta yang sedang memimpin ritual keagamaan.

5. Menawar Barang Yang Akan Dibeli.

Kebanyakan dari dari para wisatawan yang mengunjungi objek wisata di Pulau Bali kegiatan berbelanja merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan. Tips untuk berbelanja di pulau Bali ketika akan membeli barang adalah, tawarlah barang yang akan dibeli sampai tercapai kesepakatan bersama, antara Anda dengan pedagang. Hal tersebut terlepas dari barang - barang yang sudah tertera harga fixednya.

6. Tidak Berenang Di Area Yang Dilarang.

Berwisata merupakan sebuah kegiatan yang tujuannya ingin melepas rasa penat, bukan malah mencari permasalahan. Ada beberapa tempat wisata di Bali yang memang dilarang untuk melakukan kegiatan berenang. Jadi Anda harus mematuhi peraturan tersebut, apabila disitu merupakan area terlarang untuk melakukan kegiatan berenang. Agar keselamatan Anda dapat terjaga.

7. Tidak Membawa Narkoba.

Pemeriksaan terhadap barang Narkotik dan Obat - Obatan terlarang sangat gencar dilakukan oleh petugas di Bali. Jadi disarankan apabila Anda akan mengunjungi Bali, jangan membawa barang - barang sejenis Narkoba.

8. Perempuan Jangan Memasuki Kawasan Pura Pada Kondisi Haid

Itulah ulasan mengenai tempat wisata di Bali. Semoga ulasan tadi, bisa bermanfaat bagi anda yang akan mengunjungi pulau Dewata Bali.

Artikel Terkait :