Objek Wisata Taman Nasional Karimunjawa Eksotisme Kepulauan di Tanah Jawa

Karimunjawa. | Sudah pernah mengunjungi tempat ini ?. bagi Anda yang tinggal di Jawa Tengah pastinya sudah mengenal tempat wisata yang satu ini. dan bagi Anda yang belum pernah mengunjunginya, kali ini Twisata akan mengulas mengenai keindahan tempat wisata yang ada di sebelah utara Pulau Jawa ini.

Karimunjawa merupakan objek wisata kepulauan yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Karimunjawa, tempat ini terletak di Laut Jawa dan masuk dalam kawasan Kabupaten Jepara - Jawa Tengah. Destinasi wisata yang satu ini terdiri dari daratan dan lautan dengan luas daratanya sekitar 1.500 hektar dan luas perairanya sekitar 110.000 hektar. Perkembangan wisata yang satu ini sangatlah pesat, hal ini tidak luput dari dukungan Pemerintah setempat untuk terus berupaya dalam mengembangkan potensi daerah disektor pariwisata, sampai sekarang ini banyak digemari oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Ditempat ini Anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat mengagumkan mulai dari keindahan terumbukarang, pantai yang bersih dan keindahan gugusan pulau yang menghiasi lautan Jawa, tidak hanya itu beberapa pemandangan bukit yang pesonanya juga sangat memukau akan Anda dapatkan dengan mengunjungi Bukit Love, Bukit Nyamplungan dan Bukit Joko Tuo yang ada di Karimunjawa.

Sejarah Singkat Karimunjawa

Berdasakan cerita rakyat yang berkembang dimasyarakat sekitar, nama Karmunjawa ini mulai muncul sejak jaman Sunan Murya, yang merupakan salah satu tokoh yang menyebarkan ajaran Agama Islam di tanah Jawa. konon pada suatu hari Sunan Muria melihat pulau - pulau dengan samar di utara pulau jawa, kalau dibahasa jawakan menjadi kremun-kremun soko Jowo. Oleh karena itu pulau - pulau ini kemudian disebut dengan Karimunjawa.Ditempat ini juga banyak ditemukan peninggalan - peninggalan dari Sunan Nyamplungan / Amir Hasan yang merupakan anak dari Sunan Muria. Peninggalan tersebut diantaranya adalah ikan lele tanpa patil ( Clarias meladerma ), kayu dewodaru, makam Nyamplungan, kalimosodo, sentigi, dan ular edhor yang dikeramatkan oleh penduduk sekitar kepulauan Karimunjawa.

Rute Perjalanan Menuju Kepulauan Karimunjawa

Bagi Anda yang berasal dari luar kota atau luar Pulau Jawa, untuk dapat mengunjungi tempat ini Anda bisa menggunakan transportasi udara dengan transit di bandara Ahmad Yani - Semarang, kemudian dari Semarang ada dua pilihan alternatif perjalanan yaitu dengan menggunakan jalur udara dan juga jalur perjalanan laut. Apabila Anda memilih menggunakan jalur perjalanan udara, perjalanan akan dilanjutkan ke Bandar Udara Dewa Daru di Pulau Kemujan dengan menggunakan pesawat jenis CASSA 212 dengan waktu perjalanan 30 menit. Pesawat ini memang disediakan oleh salah satu pengelola resort di Karimunjawa ( Kura – Kura Resort ). kemudian apabila Anda memilih menggunakan jalur transportasi laut, dari Semarang perjalanan Anda akan dilanjutkan menuju pelabuhan Tanjung Mas - Semarang, dari sini Anda dapat menaiki kapal KMC Kartini menuju ke Karimunjawa dengan waktu perjalanan kurang lebih 4 jam.

Selain dari semarang, Anda juga bisa menggunakan jalur dari Jepara melalui pelabuhan Kartini di Jepara. Dari sini transportasi yang bisa digunakan adalah KM. Muria dengan lama perjalanan kurang lebih 5 jam.

Baca Juga :

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan di Karimunjawa

Keindahan dari Karimunjawa memang sangat mempesona disamping itu ada beberapa wahana yang akan membuat betah Anda berlama - lama di Karimunjawa. disini Anda dapat melakukan kegiatan - kegiatan yang banyak berhubungan dengan laut, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Olah Raga Selam

Siapa yang tidak menyukai kegiatan yang satu ini, dan saya yakin Anda juga menyukainya bukan ?. Di Karimunjawa ada wahana olah raga selam yang bisa Anda nikmati, untuk melihat keelokan bawah laut dari Karimunjawa.

Apabila Anda mengunjungi Pulau Kemujan disekitar pulau itu terdapat bangkai kapal Panama INDONO yang pada tahun 1955 tenggelam, disini Anda akan menemukan habitat ikan karang dan sangat cocok sekali digunakan untuk lokasi penyelaman (wreck diving).

2. Snorkeling

Apabila Anda belum berani melakukan kegiatan menyelam, Snorkeling adalah salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan di Karimunjawa. Anda akan melihat pesona bawah laut dari permukaan air, yang tentunya menjadi sensasi tersendiri selama Anda mengunjungi Karimunjawa.

3. Mandi di Pantai dan Berjemur.

Sama halnya Anda mengunjungi Wisata Pulau Bali, di Karimunjawa juga ada beberapa tempat yang sangat cocok sekali untuk aktifitas mandi dan berjemur dipinggir pantai. Anda dapat merasakan hal tersebut apabila mengunjungi Pulau Menjangan Besar dan Pulau Cemara Kecil yang memiliki pantai pasir putih yang sangat bersih.

4. Mamancing

Bagi Anda yang hobby dengan kegiatan yang satu ini akan bisa tersalurkan di sini. Ada beberapa penyedia layanan penyewaan kapal yang bisa Anda gunakan untuk dapat sampai ke tengah laut.

5. Glass Bbottom Boat

Untuk bisa menikmati keindahan laut di Kepulauan Karimunjawa, Anda tidak harus bisa berenang, karena dengan adanya sarana Glass Bottom Boat, menikmati keindahan bawah laut bisa Anda lakukan.

6. Bermain Jetski dan Banana Boat

Bagi Anda yang suka dengan tantangan Adrenalin pasti kegiatan ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. di Karimunjawa Anda bisa melakukan kegiatan bermain Jetski dan Banana Boat, yang akan memacu Adrenalin Anda di tengah laut.

7. Berenang Dengan Ikan Hiu

Bagi Anda yang belum pernah melakukan kegiatan berenang dengan ikan hiu pastinya akan takut untuk melakukanya, akan tetapi ikan hiu yang ada di Karimunjawa sudah junak dan terlatih.

 8. Mengelilingi Pulau

Kegiatan yang satu ini juga sangat mengasikan, Anda bisa mengenal keindahan Karimunjawa dengan cara mengelilingi dan mengunjungi pulau-pulau di sekitar karimunjawa. Hal ini bisa juga dijadikan sebagai pelengkap wisata Anda ketika baru datang ke karimunjawa.

9. Berziarah

Bagi Anda yang suka dengan wisata religi, Karimunjawa juga bisa dijadikan destinasi wisata Anda, karena disini terdapat makam sunan Nyamplungan yang merupakan putra dari Sunan Muria. selain makan sunan Nyamplungan Anda juga bisa berziarah ke makam Sayid Kambang, Makam Sayid Abdullah dan sumur Wali

10. Mengunjungi Rumah Khas Bugis

Bagi Anda yang ingin melihat kehidupan masyarakat suku Bugis tentunya dapat tersampaikan apabila Anda berwisata ke Karimujawa, disini Anda dapat melihat bangunan rumah - rumah khas dari suku Bugis tersebut.

11. Melihat Satwa Darat

Apabila dibandingkan dengan satwa yang hidup di perairan tentunya jumlahnya tidak seberapa. Disini Anda dapat menemukan beberapa satwa darat seperti  kera ekor panjang (Macaca fascicularis karimondjawae), rusa (Cervus timorensis subspec), penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu hijau (Chelonia mydas), ular edhor, elang laut perut putih (Haliaeetus leucogaster), trocokan/merbah cerukcuk (Pycnonotus goiavier), betet (Psittacula alexandri) serta 40 jenis burung seperti pergam hijau (Ducula aenea). Jenis bBurung elang laut perut putih adalah salah satu satwa yang terancam punah di dunia.

Kuliner Dan Oleh - Oleh

Untuk masalah kuliner Anda bisa menikmati hidangan khas yang ada disini, diantarnya adalah Bakso Ikan Ekor Kuning, Lontong Krubyuk, Pindang Serani, Tongseng Cumi dan Siomay Tongkol, untuk minumannya Anda bisa menikmati segarnya Es Kelapa Rainbow serta nikmatnya Wedang Jahe dan Wedang Blung.

Untuk jajanan Anda bisa menikmati Klepon Alang-Alang, Pisang panggang dan Jenang Krimun sementara untuk oleh - oleh Anda bisa membawa Gereh Iwak Teri yang merupakan oleh - oleh khas dari Karimunjawa.

Tips Berwisata Ke Kepulauan Karimunjawa

1. Memilih waktu yang tepat

Apabila Anda berencana berkunjung ke Kepulauan Karimunjawa datanglah pada bulan Mei dan Agustus, karena pada bulan tersebut Angin tidak berhembus dengan kencang, dan ombak laut juga tidak telalu tinggi, jadi Anda akan bisa menikmati aktifitas snorkeling dan island hopping di pulau ini.

2. Pakailah Sandal dan Perhatikan Langkah Kaki

Banyaknya terumbu karang yang ada di Karimunjawa yang dapat melukai kaki Anda, selain itu beberapa satwa yang beracun seperti bulu babi dan ubur - ubur juga sering ditemui disini.

3. Tentukan Pulau Tujuan

Banyaknya pulau yang akan dikunjungi di Karimunjawa kadang membuat bingung kita, Untuk itu Anda tentukan dulu sebelum mengunjunginya, dan disarankan pula untuk menggunakan pemandu wisata setempat yang berpengalaman dan akan bisa merekomendasikan pulau mana yang nanti akan Anda tuju.

4. Memperhatikan Waktu Listrik Aktif

Listrik di Karimunjawa akan menyala dari pukul 18.00 hingga 06.00 WIB pagi, untuk itu bagi Anda yang membawa peralatan elektronik seperti kamera, smartphone atau peralatan elektronik lainya yang membutuhkan listrik, Anda harus memperhatikan Waktu Listrik Aktif agar peralatan elektronik yang Anda bawa tidak kehabisan battery

Itulah ulasan mengenai keindahan Objek Wisata Taman Nasional Karimunjawa yang menggambarkan eksotisme kepulauan dari Tanah Jawa.

Artikel Terkait :