Objek Wisata Taman Nasional Teluk Cenderawasih Papua

Objek Wisata Teluk Cenderawasi | Mengunjungi objek wisata di Papua perlu waktu yang panjang, hal ini dikarenakan banyaknya destinasi wisata yang ada di Papua sendiri, salah satu objek wisata yang menarik perhatian bagi wisatawan adalah Taman Nasional Teluk Cenderawasih Papua. Objek wisata ini diklaim sebagai Taman Nasional perairan terluas yang ada di Indonesia. Wilayah ini terbagi menjadi beberapa kawasan meliputi darata, pesisir pantai dan juga kepulauan yang membentang di bagian utara Papua, tepatnya di kawasan perbatasan Kabupaten Nabire dan Teluk Wondama

Teluk Cenderawasih sendiri masuk dalam kawasan provinsi Papua Barat. disini Anda dapat menjumpai beberapa species ikan yang beraneka ragam, ekosistem terumbu karang, dan hutan mangrove yang tersebar di sekeliling pantai. Para wisatawan biasanya menghabiska waktunya dengan melakukan kegiatan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

Gambar-Teluk-Cenderawasih-Papua

Selain itu pemandangan alam di Teluk Cenderawasih tidak kalah menakjubkan gugusan pulau yang ada disana menjadi salah satu magnet tersendiri bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Disini Anda dapat menemukan beberapa pulau yang dapat Anda kunjungi seperti Pulau Mioswaar, Pulau Nusrowi, Pulau Numfor, Pulau Yoop dan pulau-pulau lainnya. Wah sangat menakjubkan bukan ?

Rute Menuju Taman Nasional Teluk Cenderawasih Papua

Untuk mengunjungi objek wisata Teluk Cenderawasih di Papua ini Anda dapat menggunakan beberapa sarana transportasi diataranya adalah sebagai berikut :

Sarana Transpotasi Udara

Apabila Anda bersasal dari luar kota, Anda dapat transit terlebih dahulu di Bandara International Frans Kaisiepo yang berada di Biak. Kemudian dilanjutkan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang menuju Bandara Nabire. Atau Manokwari. Dari sini Anda dapat melanjutkan perjalanan lagi menuju Ransinki dengan menggunakan transporasi darat. Setelah sampai di Ransinki perjalanan masih dilanjutkan dengan menggunakan mode trasnportasi motor boat menuju Teluk Cenderawasih yang memakan waktu sekitar 2,5 jam.

Sarana Transpotasi Laut

Selain Anda menggunakan mode transportasi udara, Anda juga dapat menggunakan sarana transportasi laut dengan tujuan ke pelabuhan Nabire atau Manokwari. dari pelabuhan tersebut perjalanan Anda masih dilanjutkan dengan menggunakan motor boat menuju Teluk Cenderawasih dengan memakan waktu sekitar 6 jam perjalanan.

Itulah beberapa opsi transportasi yang bisa Anda gunakan untuk mengunjungi objek wisata Teluk Cenderawasi Papua.

Baca Juga :

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Di Objek Wisata Teluk Cenderawasih Papua

Kegiatan yang biasa lakukan di kawasan wisata Teluk Cenderawasi kebanyakan adalah melakukan petualangan di bawah air ( Snorkeling dan Diving ), disini Anda akan banyak menemukan species ikan dan terumbu karang yang masih alami dan tumbuh subur. Ada sekitar 150 jenis spesies dari 15 famili dari terumbu karang yang berkembang dengan baik dan tersebar di kawasan wisata Teluk Cenderawasi.

Selain itu untuk species ikan kawasan wisata Teluk Cenderawasi menyimpan sekitar 209 jenis ikan diantaranya adalah anemonefish, angelfish, butterflyfish, damselfish, parrotfish, rabbitfish dan juga whale shark ( Hiu Paus ) serta species ikan unik lainnya.

Beberapa jenis moluska juga mendiami kawasan wisata Teluk Cenderawasi seperti keong cowries, keong strombidae, keong kerucut, triton terompe dan juga kima raksasa. Tidak hanya itu beberapa jenis penyu juga ada disini diantaranya adalah penyu hijau, penyu sisik, penyu lekang dan penyu belimbing. Banyak juga species yang ada disini bukan ?.

Selain menikmati keindahan bawah lautnya Anda juga dapat menikmati keindahan pantai yang ada di kawasan Teluk Cenderawasih, mengunjungi beberapa pulau seperti Pulau Rumberpon, Pulau Nusrowi, Pulau Mioswaar, Pulau Roon, Pulau Yoop dan perairan Wondesi juga bisa Anda agendakan.

Itulah ulasan mengenai objek wisata Taman Nasional Teluk Cenderawasih Papua, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk Anda sekalian.

Artikel Terkait :