Pantai Anyer Objek Wisata Terpopuler Di Serang – Banten

Objek Wisata Pantai Anyer | Bagi Anda yang pernah berkunjung ke kawasan Kabupaten Serang - Banten tentu tidak akan melewatkan untuk mengunjungi salah satu destinasi wisata yang terpopuler yang satu ini, apalagi kalu bukan Pantai Anyer. Pantai di Banten ini memiliki segudang pesona yang sayang sekali untuk dilewatkan apabila kita sedang berkunjung ke Banten. Pantai Anyer sendiri berada di kawasan Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten dan untuk itulah pantai ini dinamakan Pantai Anyer.

Pengunjung yang datang ke sini tidak hanya wisatawan lokal akan tetapi wisatawan dari mancanegara juga sering mengunjungi objek wisata Pantai Ayer. Hal ini dikarenakan memang banyaknya spot yang menarik yang dapat memukau setiap pengunjung yang datang. Tidak hanya itu banyaknya fasilitas yang ada disini menambah daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang. Beberapa fasilitas yang ada seperti surfing, snorkling dan masih banyak lagi yang lainnya bisa Anda dapatkan disini.

Sejarah Terbentuknya Pantai Anyer Banten

Anyer sendiri berasan dari kata Anyar ( Kota Anyar ) yang dulu menurut legenda masyarakat sekitar bernama Sudi Mampir yang berada di bawah kekuasaan kerajaan Banten. Sudi Mampir berdiri sejak tahun 1667 yang  mempunyai arti rela untuk singgah. Hingga pada tahun 1883 bencana besar ( meletusnya Gunung Krakatau ) melanda kawasan ini hingga sampai ke penjuru dunia. Dan dampaknya hanya menyisahkan sedikit kehidupan di kawasan ini.

Setelah porak porandanya kawasan Sudi Mampir, beberapa tahun kemudian datanglah para pendatang yang berasal dari Ciomas, Mancak, Pandeglang, Serang dan daerah luar Jawa seperti Batak, Lampung, Padang dan Riau. Mereka mulai membangun kawasan ini dan menyebutnya dengan Kota Anyar dan kemudian berubah menjadi Kota Anyer. Ketenaran Kota Anyer sendiri dimulai setelah adanya pembangunan jalan Pantura sepanjang 1000 Kilometer yag menghubungkan kota - kota di Pulau Jawa dimulai dari Anyer - Jawa Barat sampai dengan Panarukan - Jawa Timur oleh Gubernur Herman Willem Daendels.

Rute Perjalanan Ke Pantai Anyer Serang - Banten

Untuk menuju kawasan objek wisata terpopuler di Serang - Banten ini sangatlah mudah sekali Apabila Anda berasal dari luar Kota Banten dan menggunakan tranportasi Bus, Anda bisa transit di Terminal Cilegon terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan menuju Simpang ( Mayofield/Supermall Cilegon ) dengan menggunakan tranportasi umum ( angkot berwarna ungu ). Sesampai di Simpang, perjalanan Anda dilanjutkan ke Anyer dengan menggunakan tranportasi umum ( angkot warna silver ) jurusan Anyer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Apabila Anda menggunakan sarana transportasi kereta, Anda bisa transit di stasiun Kreceng dengan menggunakan KA. Ekonomi, dari sini Anda bisa langsung naik transportasi angkot warna silver munuju Anyer. Akan tetapi apabila Anda menggunakan KA. Krakatau atau Kalimaya. Anda harus transit terlebih dahulu di stasiun Cilegon. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Simpang ( Mayofield/Supermall Cilegon ) dan dilanjutkan lagi ke Anyer dengan menggunakan Angkot.

Baca juga :

KegiatanYang Dapat Dilakukan Di Pantai Anyer Serang

Objek wisata di Serang Banten yang satu ini banyak sekali menyuguhkan panorama dan wahana yang dapat memanjakan Anda selama liburan disini. Anda dapat menikmati banyak sekali kegiatan wisata seperti :

1. Bodysurfing

Meskipun Anda tidak bisa berselancar, bukan berarti Anda tidak berkesempatan untuk mengendarai ombak. Melalui bodysurfing, siapa pun bisa merasakan sensasi yang sama tanpa memerlukan keseimbangan tingkat tinggi. Anda dapat menyewa papan selancar yang banyak ditemukan disini.

2. Snorkeling

Beberapa spot memiliki taman bawah laut yang menawan. Terumbu karang yang berbentuk unik dan ikan-ikan yang bercorak warna-warni akan membuat Anda terpesona. Jelajahi keindahan bawah laut bersama keluarga tercinta melalui aktivitas snorkeling. Anda dapat menyewa peralatan snorkeling di rental sekitar pantai.

3. Menaiki Banana Boat

Anda dan keluarga wajib mencoba Banana Boat! Perahu karet yang berbentuk pisang tersebut dapat memuat 4 sampai 7 penumpang. Banana Boat akan ditarik oleh tali yang dikaitkan ke perahu motor. Semakin kencang perahu motor melaju,  semakin besar kemungkinan penumpang terjatuh ke air. Namun, justru di situlah letak keseruannya.

4. Mengemudi Jet Ski

Jika Anda merasa mahir mengemudi di atas daratan, mungkin Anda juga jago mengemudi di atas air. Buktikan dengan mengendarai jet ski. Rasakan serunya berkendara membalap ombak. Tentunya, Anda tidak serta merta dilepas begitu saja dalam mengemudi Jet Ski.Pemandu akan mengajarkan dulu teknik-tekniknya, termasuk cara memacu gas dan mengerem. Pemandu bisa saja mendampingi Anda selama menggunakan Jet ski.

5. Mengemudi All-Terrain Vehicle (ATV)

Cerita berkesan tidak hanya tercipta dari permainan di atas ombak. Berada di pesisir pantai pun bisa sebegitu menyenangkannya dengan mengendarai ATV. Itu lo, sepeda motor yang mempunyai empat roda. Memacugasnya dengan cara menekan tuas menggunakan ibu jari. Bayangkan Anda menikmati suasana sore di pantai dengan mengendarai ATV, membonceng anak Anda yang duduk di jok belakang atau si kecil yang diapit di jok depan. Roda ban yang besar menggilas pasir pantai yang lembut. Semilir angin membelai wajahAnda. Sungguh momen yang sangat menyenangkan.

6. Menikmati Sunset

Sebagian orang memilih buru-buru pulang dari pantai sebelum beranjak malam. Apakah Anda termasuk salah satunya ? Setidaknya sekali saja, jangan lewatkan momen sempurna itu bersama orang-orang tersayang, nikmati saat - saat memandang matahari tenggelam di ufuk barat. Semburat keemasan yang menaungi gulungan ombak terlihat begitu memesona.

7.  Menikmati Pemandangan Pantai Anyer dari Mercusuar Cikoneng

Rasanya tidak ada bosan - bosannya memandang panorama pantai. Lalu bagaimana jika memandangnya dari ketinggian 75 meter? Pastinya jauh lebih indah. Nah, datang saja ke Mercusuar Cikoneng. Berkorbanlah sedikit dengan menaiki 16 lantai. Kelelahan Anda akan terbayar begitu melihat hamparan laut yang berkilauan ditimpa cahaya matahari.

8. Menginap di Penginapan Di Sekitar Pantai Anyer

Di kawasan Pantai Anyer sendiri banyak Anda temukan penginapan yang sangat nyaman dengan pemandangan sekitar yang sangat memukau, Kenyamanan dalam memilih penginapan untuk berwisata disini merupakan hal yang tidak boleh di abaikan. dan salah satu pilihan penginapan yang nyaman disekitar objek wisata pantai Anyer adalah penginapan Patra Jasa Anyer.

Oleh - Oleh dan Kuliner Di Pantai Anyer Banten

Apabila Anda mengunjungi tempat wisata di Banten tentu tidak lengkap apabila tidak membawa oleh - oleh yang banyak ditemukan disana. Dan dibawah ini beberapa oleh - oleh  dan kuliner yang bisa didapatkan disekitar tempat wisata di Banten.

1. Batik Badui

Batik khas dari Banten yang satu ini mempunyai pola yang cukup unik, dan kebanyakan dari batik Badui mempunyai warna hanya dua yaitu hitam dan biru. Popularitas dari batik ini tidak kalah dengan batik - batik yang berasal dari daerah lain di Indonesia, jadi jangan lupa untuk membeli batik khas dari Banten apabila berkunjung ke kawasan objek wisata di Banten utamanya pantai Anyer.

2. Kaos Monarky

Kaos ini mempunyai tema nasionalisme Indonesia, tokoh, filsafat dan kearifan lokal Banten. Pilihan designnya pun sangat banyak dengan harga yang murah dan banyak ditemukan di distro - distro sekitar objek wisata Serang Banten.

3. Sate Bandeng

Kuliner yang satu ini menjadi favorit para wisatawan yang mengunjungi tempat - tempat wisata di Serang - Banten. Rasanya yang khas menjadikan pilihan tepat untuk Anda yang punya selera makanan tinggi. Biasanya sate ini hanya disuguhkan dengan nasi tampa menggunakan bumbu sambal seperti sate pada umumnya.

Tips Berkunjung Ke Pantai Anyer

1. Hindari Berkunjung di Akhir Pekan

Banyaknya pengunjung yang datang ke pantai Anyer Serang Banten saat akhir pekan dan libur panjang membuat kita tidak bisa menikmati suasana alam yang ditawarkan disini. Disamping itu akses untuk menuju lokasi wisata biasa padat dan cenderung macet. Untuk itu alangkah baiknya apabila Anda mengunjugi objek wisata pantai Anyer ini bukan pada saat akhir pekan atau libur panjang.

2. Pilih Penginapan Yang Nyaman

Mengunjungi objek wisata pantai Anyer dengan menggunakan akomodasi penginapan memang hal yang harus dilakukan. Agar kita bisa melepas lelah dan melanjutkan menikmasi dan mengeksplor spot - spot  di sekitar pantai Anyer.

3. Berwisata Dengan Beramai - Ramai

Mengunjungi objek wisata pantai Anyer ini sangat menarik apabila dilakukan dengan beramai -ramai agar suasana menjadi lebih berkesan. Selain itu biaya untuk akomodasi akan lebih murah apabila kita berkunjung secara rombongan.

4. Pilih Spot Terbaik

Banyaknya spot yang ditawarkan disini menjadikan hal yang perlu disikapi dengan bijak. Kenapa demikian karena setiap spot yang akan didatangi dikenakan tiket masuk. Jadi sebelum kesana pilih spot yang menurut Anda terbaik untuk dikunjungi agar tidak menyesal setelah Anda pulang.

Itulah ulasan mengenai objek wisata pantai Anyer di Serang - Banten, semoga ulasan diatas bisa bermanfaat untuk Anda sekalian.

Artikel Terkait :